Nyeri Wajah Bernama Trigeminal Neuralgia

Nyeri Wajah Bernama Trigeminal Neuralgia

Ada yang mengatakan ini adalah nyeri paling menyakitkan yang dapat dialami manusia. Namun, sebenarnya apa itu trigeminal neuralgia (TN) alias nyeri wajah atau kerennya tic doloureux?

Trigeminal Neuralgia?

Trigeminal adalah saraf kranial (berasal langsung dari otak) nomor 5 yang memiliki fungsi motorik otot-otot penggerak rahang (pengunyah) dan sensorik wajah hingga selaput otak. Saraf trigeminal memiliki 3 cabang utama: V1/oftalamikus (daerah mata), V2/maxilaris (rahang atas), dan V3/mandibularis (rahang bawah). Neuralgia sendiri adalah sebutan untuk kerusakan/iritasi saraf yang dapat berakibat pada sensasi nyeri. Nyeri akan terasa tajam dan tiba-tiba. Pada kasus TN biasanya nyeri di sekitar rahang dan wajah bagian bawah (pipi). TN sendiri terdiri atas dua tipe: tipe 1 (TN1) yang menghasilkan sensasi nyeri tiba-tiba seperti terbakar berlangsung beberapa detik hingga 2 menit yang dapat menjadi serangan berulang dalam beberapa hari atau bulan dan tipe 2 (TN2) yang bersifat konstan, seperti tertusuk dan terbakar. Intensitas nyeri TN2 lebih ringan dibanding TN1. Sebagaian besar kasus TN menyerang cabang V2 dan V3.

Trigeminal neuralgia
Trigeminal Neuralgia mengakibatkan nyeri di sekitar wajah;
sumber: https://www.pain-health.com/conditions/facial-pain/trigeminal-neuralgia-causes-and-risk-factors

Siapa yang mengalami?

Secara epidemiologi, TN lebih banyak diderita wanita, di atas 50 tahun meskipun TN dapat diderita semua orang dari semua golongan usia. Serangan pada usia muda dapat menjadi petunjuk adanya sklerosis multipel. Sebanyak 12 dari 100.000 orang di Amerika menderita TN. Sayangnya Indonesia belum memilki data akurat jumlah kasus TN.

Apa penyebabnya?

Banyak hal dapat menyebabkan TN antara lain sebagai berikut

  • Penekanan saraf oleh struktur di sekitarnya (kebanyakan pembuluh darah)
  • Penuaan
  • Penyakit yang mengakibatkan kerusakan mielin sel saraf pada susunan saraf pusat (sclerosis multiple) atau saraf tepi (sindroma Guillain Barre)
  • Luka/cedera/trauma baik wajah maupun saraf
  • Iatrogenic (akibat prosedur operasi)
  • Stroke
  • Tumor

Apa gejalanya? Kapan harus segera berkonsultasi dengan dokter?

Nyeri wajah bawah dan rahang menjadi perhatian penting terutama apabila tidak ada masalah dengan kondisi gigi. Namun, tipe nyeri wajah dapat berbeda antartipe TN mulai dari yang sifatnya tiba-tiba, parah, menusuk, konstan, seperti tersetrum atau terbakar. Gerakan rahang bisa menjadi pencetus nyeri seperti bercukur, mencuci muka, menggosok gigi, makan, minum, bahkan hembusan angin. TN bersifat progresif dan frekuensi serangan dapat menjadi semakin sering seiring waktu. Jika anda telah menggunakan painkiller seperti parasetamol atau ibuprofen dan nyeri wajah masih datang secara teratur tanpa adanya masalah gigi segera temui dokter.

Bagaimana dokter mendiagnosis?

Gejala TN dapat tersamarkan oleh berbagai kondisi dengan gejala yang serupa, sehingga menjadi factor sulitnya diagnosis. TN biasanya hanya membutuhkan diagnosis secara klinis dari riwayat dan pemeriksaan neurologis pasien. Namun, pada beberapa kondisi dimana dokter curiga adanya tumor, penekanan akibat malformasi pembuluh darah, dan lainnya akan dilakukan MRI baik dengan atau tanpa kontras untuk memastikan penyebab TN.

Bagaimana pengobatannya?

Obat-obatan maupun operasi dapat menjadi alternative pengobatan bergantung keparahan. Obat-obatan yang digunakan umumnya adalah antikonvulsan (carbamazepine, pregabalin, gabapentin,dll). Obat ini secara luas digunakan untuk mengobati epilepsi dengan menghambat sinyal nyeri dari saraf yang terdampak. Obat anti depresan golongan TCA juga dapat digunakan. Operasi diindikasikan apabila pengobatan konvesional gagal atau menjadi resisten, munculnya efek samping seperti kelelahan, alergi, atau gangguan kognitif.

Referensi:

  1. Neuralgia [Internet]. Victoria: BetterHealthChannel; 2018 [cited 2019 Jun 29]. Available from: https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/conditionsandtreatments/neuralgia#lp-h-2
  2. Trigeminal neuralgia fact sheet [Internet]. Maryland: National Institute of Neurological Disorders and Stroke; 2019 [cited 2019 Jun 29]. Available from: https://www.ninds.nih.gov/disorders/patient-caregiver-education/fact-sheets/trigeminal-neuralgia-fact-sheet
  3. Trigeminal neuralgia [Internet]. England: National Health Service; 2019 [cited 2019 Jun 29]. Available from: https://www.nhs.uk/conditions/trigeminal-neuralgia/

Leave a Reply

Close Menu