Laminektomi, Prosedur Pengobatan Doctor Octopus yang Gagal

Laminektomi, Prosedur Pengobatan Doctor Octopus yang Gagal

Kecerdasan bukanlah hak istimewa, melainkan hadiah–yang digunakan untuk kebaikan manusia.

Doctor Octopus, Spiderman 2 (2004)
laminektomi dr octopus

Ingatkah Anda dengan Dr. Otto Octavius, atau yang lebih sering dikenal dengan Doctor Octopus? Ya, ia adalah pemeran antagonis pada film Spiderman 2 tahun 2004 silam. Ia merupakan seorang peneliti yang mengembangkan tangan
prostetik dengan kecerdasan buatan. Namun, percobaan tersebut gagal, dan tangan mekanik tersebut terikat ke tulang belakangnya. Saat ia tidak sadarkan diri, para tenaga medis bermaksud untuk mencabut tangan mekanik tersebut dari tulang belakangnya melalui prosedur laminektomi, sebelum akhirnya Dr. Octopus menyerang mereka. Apa itu laminektomi? Mari simak faktanya berikut ini.

Laminektomi /lamin├Ęktomi/

Laminektomi merupakan prosedur pembedahan yang ditujukan untuk melepas bagian dari tulang belakang yang disebut lamina. Lamina merupakan sepasang struktur yang membentuk batas belakang dari tulang belakang (vertebra), yang terletak di antara tonjolan tulang belakang (prosesus spinosus), pedikulus yang terletak di bagian lateral, dan tonjolan transversal dari setiap tulang belakang. Pada ilmu bedah saraf, prosedur ini melibatkan penyayatan ligamen tulang belakang dan sebagian atau seluruh bagian dari prosesus spinosus.

laminektomi
Ilustrasi laminektomi. Sumber: Wikipedia

Laminektomi tergolong ke dalam operasi major, karena memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Pengangkatan struktur ini (re: lamina) memerlukan ahli bedah untuk melepaskan ikatan-ikatan antara lamina dengan otot-otot punggung. Umumnya, meskipun jarang, prosedur ini dilakukan jika terdapat kelainan pada lamina itu sendiri, seperti stenosis tulang belakang (spinalis). Stenosis spinalis merupakan penyempitan pada kanal tulang belakang secara abnormal, yang menyebabkan terhimpitnya akar-akar saraf. Hal ini dapat menyebabkan nyeri, mati rasa, hingga kelemahan otot lengan dan tungkai. Laminektomi dilakukan untuk memperlebar kanal tulang belakang agar saraf tidak terhimpit, kontur tulang belakang tidak berubah, dan jaringan-jaringan ikat di dalam kanal tulang belakang dapat diakses.

Sejarah Laminektomi

Dunia medis mencatat bahwa prosedur laminektomi pertama kali dilakukan oleh profesor ahli bedah dari University College London, Victor Alexander, pada tahun 1887, untuk mengobati stenosis spinalis yang berat dengan menurunkan tekanan pada akar-akar saraf yang terhimpit. Selain itu, ia juga menyatakan bahwa prosedur ini dapat digunakan agar tumor pada tulang belakang dapat diakses, atau mengobati kifosis, yaitu kelainan pada tulang belakang yang semakin membungkuk.

Yah, sayang sekali prosedur laminektomi pada Doctor Octopus gagal. Padahal, apabila berhasil, mungkin ia tidak lagi menjadi pemeran antagonis, dan menjadi profesor ternama di bidangnya.

Referensi

  1. Doctor Octopus (Alfred Molina) [Internet]. San Fransisco: FANDOM Movies Community; (n.d.) [cited 2019 Aug 8]. Available from:
    https://spiderman-films.fandom.com/wiki/Doctor_Octopus_(Alfred_Molina)
  2. Lundberg J, Langevin J-P. Lumbar microlaminectomy vs traditional laminectomy. Fed Pract. 2017 Dec;34(12):32-5 [PMC]
  3. Genevay S, Atlas SJ. Lumbar spinal stenosis. Best Pract Res Clin Rheumatol. 2010;24(2):253-65 [PMC]

Leave a Reply

Close Menu